Pages

16.2.12

KB-627 KOEMPOELAN BOEKOE CERITA TIN TIN (TERDJOEWAL)









Sekoempoelan boekoe-boekoe cerita serial TINTIN jang sangat populair dan banjak didjadikan idola oleh kebanjakan anak-anak, remadja maupun dewasa. Secara oemoem kondisi boekoe ini masih bagoes semoea, hanja jang berdjoedoel Tintin dan Jambul Emas sadja jang soedah ada isolasi di covernja dan ada sedikit sobek-sobek di halaman pertama dan terahkir karena terlaloe seringnja dibaca.
Harga @ Rp. 50.000

NOTE : Hiu-hiu laut merah, Tintin Jambul Emas, Harta karun Rackham merah,  Tujuh Bola ajaib, Rahasia Kapal Unicorn, Bintang Jatuh, Penculikan Calculus dan Tongkat Raja Ottokar (TERDJOEWAL)

Petoealangan Tintin (bahasa Perancis: ''Les Aventures de Tintin et Milou'') adalah serial komik jang diciptakan oleh Hergé, seorang artis dari Belgia. Hergé adalah pseudonim dari Georges Remi (19071983) jang ditoeliskan mendjadi RG (dibaca sebagai Hergé dalam bahasa Perancis). Serial ini pertama kali moencoel dalam bahasa perancis sebagai lampiran bagian anak-anak dari koran Belgia, Le Vingtième Siècle pada tanggal 10 Janoeari 1921. Petoealangan Tintin sendiri menampilkan beberapa pemain jang saling melengkapi satoe sama lainnja. Dari tahoen ke tahoen, serial ini mendjadi bacaan favorit dan bahan kritikan dari para kritikoes selama lebih dari 70 tahoen.
Tokoh oetama dari serial ini adalah seorang wartawan Belgia moeda dan pengembara bernama Tintin.  Sedjak kemoencoelannja pertama kali, ia telah ditemani oleh seekor andjing djenis fox terrier yang bernama Milo (dalam bahasa Perancis, namanya adalah Milou). Dalam kisah selandjoetnya dimoencoelkan beberapa pemain tambahan seperti Kapten Haddcok, jang terkenal dengan soempah serapahnja, namoen dia sangat mendjoenjoeng tinggi nilai-nilai kepelaoetan dan asas kesetaraan. Kemoedian ada djuga Profesor Lakmus (Professeur Tournesol) jang sangat cerdas namoen memiliki masalah dengan pendengarannja. Dan tak loepa karakter Dupont dan Dupond ((Inggris) Thomson dan Thomson dalam bahasa Inggris), detektif kembar jang sangat tidak kompeten.
Dengan keberhasilan serial ini, komik terseboet dikoempoelkan mendjadi soeatoe alboem petoealangan (23 secara keseloeroehan dan ditambah satoe alboem jang masih beroepa sketsa, Tintin and Alph Art), jang berhasil dan telah diadaptasi ke dalam bentoek film dan teater. Komik ini adalah salah satoe komik Eropa jang sangat terkenal pada abad ke-20. Soedah lebih dari 200 joeta boekoenja diterbitkan dan diterdjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa.
Serial komik ini sangat digemari karena gaja gambarnja jang bersih tetapi ekspresif (gaja Hergé jang diseboet ligne claire) dan didasarkan pada riset jang mendalam oleh pengarangnja, jang terbagi atas aliran: petoealangan dengan elemen fantasi, misteri, politik dan sains fiksi. Kisah Tintin djoega selaloe menampilkan humor slapstick jang mengomentari tentang politik dan boedaja pada soeatoe negara ataoe soeatoe masa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...